Pelajari Tentang Pra-pemesanan Untuk Bisnis Online Anda Dan Cara Memaksimalkannya

Menjalankan bisnis online membutuhkan banyak trial and error strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Sistem penjualan pre-order adalah salah satu caranya. Pre-order adalah sistem penjualan di mana pelanggan memesan dan membayar di muka sebelum mengirimkan produk.

Produk yang benar-benar dijual sudah habis atau belum siap untuk dijual. Penjual dan pembeli pasti mencari strategi penjualan ini. Pasalnya, masing-masing pihak bisa diuntungkan dengan meminimalisir kerugian.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut, simak di bawah ini cara memaksimalkan strategi pre-order bisnis online kamu!

Definisi Pre-order

Pre-order memungkinkan penjual untuk memulai pesanan jauh sebelum barang siap. Pelanggan diharuskan membayar sejumlah uang di muka atau sebagian atau seluruhnya. Kemudian Anda harus menunggu sampai batas waktu tertentu.

Dari sudut pandang penjual, sistem pre-order sudah pasti menguntungkan. Ketahui berapa banyak produk yang telah Anda beli sebelum memproduksi atau mengirimkannya. Jadi tidak ada produk yang terbuang percuma.

Pelanggan juga mendapatkan keuntungan dari sistem ini. Pertama, pelanggan bisa mendapatkan produk sebelum orang lain. Kedua, Anda mendapatkan keamanan untuk barang-barang Anda tanpa takut kehabisan stok. Tentu saja, sistem pre-order mencoba untuk menekankan perasaan psikologis pelanggan.

Baca juga:

Tips Menumbuhkan Bisnis Online Anda Menggunakan Instagram dan Facebook

Pelajari Tentang Dropshipper, Keuntungan dan Cara Menjadi Dropshipper di Bukalapak

Produk yang kompatibel dengan sistem pre-order

Semua produk sebenarnya kompatibel dengan sistem pre-order (PO). Namun, ada produk tertentu yang sebenarnya lebih baik menggunakan strategi ini. Berikut pilihan produknya.

1. Produk premium mahal

2. Produk yang diproduksi hanya dalam jumlah terbatas (limited edition)

3. Makanan instan

4. Makanan atau minuman dalam kemasan yang tidak dapat disimpan dalam waktu lama

5. Waktu terbaik untuk memesan di muka

Anda benar-benar dapat melakukannya kapan saja, tetapi menjalankan strategi pre-order Anda juga membutuhkan mengabadikan momen. Sekarang adalah waktu terbaik untuk melakukan pre-order.

1. Peluncuran produk baru

2. Item edisi terbatas

3. Penjualan hari libur seperti Natal, Tahun Baru, dan hari libur nasional

4. Saat melakukan promosi skala besar

5. Tanggal pembayaran untuk produk tertentu

Baca juga:

5 cara memulai bisnis online

Berikut beberapa langkah dan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan.

Kiat untuk meningkatkan volume pemesanan di muka

Dengan langkah yang tepat, Anda bisa memaksimalkan pre-order Anda. Berikut cara melakukan pemesanan di muka yang berhasil:

1. Pilih produk yang berkualitas

Daya tarik terbesar dari sistem OD yang sukses adalah produknya. Oleh karena itu, Anda perlu menjual produk berkualitas yang banyak dipesan orang. Pelanggan akan senang menunggu barang tiba karena mereka tahu mereka masih mendapatkan penawaran bagus.

2. Pilih pemasok yang baik

Bekerja dengan pemasok ini juga tidak boleh diabaikan. Temukan pemasok terbaik untuk mengiklankan produk Anda melalui sistem PO kami. Anda juga dapat memperoleh keuntungan besar dengan memilih pemasok atau mitra bisnis yang dapat menawarkan harga khusus kepada Anda.

3. Tetapkan tujuan penjualan

Pastinya setiap produk memiliki pasarnya masing-masing. Yang harus Anda lakukan adalah memasarkan produk Anda kepada orang yang tepat. Meski begitu, sebaiknya jangan terlalu banyak menetapkan tujuan bagi mereka yang menjadi PO. Jumlah terbatas akan terus meminta lebih.

4. Penentuan Jadwal PO

Jadwal PO harus diselesaikan pada awal atau akhir bulan. Pasalnya, ini adalah tanggal penyelesaian dan daya beli masyarakat masih tinggi. Perhatikan juga sejauh mana Anda membuka PO. Jangka waktu 1-2 minggu sebenarnya masih cukup untuk mengumpulkan pesanan.

5. Tetapkan aturan yang jelas

Aturan pemesanan di muka yang mendetail mengurangi kebingungan pelanggan. Ini juga menentukan uang muka (DP) yang harus dibayar pelanggan. Juga, harap tunjukkan tanggal produk akan dikirim ke pelanggan.

6. Catat semua pesanan

Pencatatan adalah hal terpenting dalam penjualan PO. Pencatatan yang baik mencegah kesalahan dalam jumlah pesanan. Jangan lupa berapa banyak barang yang kamu pesan, karena barang yang kamu pesan tidak tercatat.

7. Penggunaan jejaring sosial

Saat Anda membuka pesanan pembelian, Anda harus membagikannya di jejaring sosial. Gunakan media sosial yang Anda miliki dan sering gunakan di target pasar Anda. Ulangi pesanan pembelian dengan batas waktu yang ditentukan. Dengan begitu orang akan merasa perlu segera memesan.

Berikut beberapa hal terkait strategi pre-order bisnis online Anda. Semoga informasi di atas juga bermanfaat bagi Anda yang ingin membuka order pembelian.

You May Also Like

About the Author: keyhar

Leave a Reply

Your email address will not be published.