LINE Creative Occasional Upaya Mengapresiasi Talenta Kreatif Indonesia

LINE, aplikasi messaging yang digandrungi kaum milenial, tak kehabisan ide untuk beradaptasi dengan generasi kreatif Tanah Air. LINE Creative 2018, yang menandai ulang tahun ke-4 tahun ini, menghadirkan tampilan baru dengan tema baru yang disebut “Proud of Indonesia”. Setiap tahun semakin banyak orang kreatif yang berpartisipasi dalam acara ini.

LINE sendiri bertujuan agar acara ini lebih relevan dengan masyarakat luas. Dalam acara terbarunya, LINE Creative 2018 didedikasikan untuk menyediakan konten yang lebih kaya, salah satunya dengan menghadirkan berbagai kompetisi baru. Berikut ulasannya.

Menemukan talenta potensial untuk ekonomi kreatif

Selama tiga tahun terakhir, LINE Creativate 2016 sukses karena mampu menemukan talenta-talenta potensial untuk mendukung ekonomi kreatif Indonesia di masa depan. Dimulai dengan kontes kreasi digital, LINE telah menetapkan target hingga 10.000 peserta. Orang

Diharapkan berbagai kompetisi seperti LINE Webtoon, LINE Sticker, dan Game Developer akan diadakan untuk menghasilkan kreator yang handal di bidang ekonomi kreatif. LINE Creativate tidak hanya penuh dengan kompetisi, tetapi juga menyelenggarakan serangkaian pameran dan seminar yang diharapkan dapat menginspirasi bakat kreatif baru.

Baca Selengkapnya: 5 Aplikasi Chat dari LINE ke BBM Tersedia untuk iOS dan Android

Kelola lebih dari 17.000 catatan karya seni

Memasuki tahun ketiga, LINE mengalami peningkatan jumlah peserta lebih dari 12% dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan saat ini, LINE menyediakan platform bagi hampir dua juta pelaku kreatif di Indonesia yang berkarya melalui platform LINE. Menurut laporan di situs resmi LINE, direktur LINE mengatakan bahwa angka ini meningkat 58% dibandingkan tahun 2016. Selain itu, seperti pada ajang LINE Creativate 2017, dukungan BEKRAF dari tahun ke tahun tidak bisa diabaikan. . . Selain memberikan dukungan penuh seperti subsidi perjalanan, BEKRAF berharap dapat menginspirasi talenta lokal yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengembangkan dan memonetisasi karya para kreator.

Orang Indonesia bangga.

Sementara itu, pada ajang LINE Creative 2018, LINE memperkenalkan kategori kompetisi baru. Jika webtoon LINE dan chatbot LINE belum ketinggalan dalam semua stiker LINE kreatif LINE, kini LINE Creativate 2018 memperkenalkan LINE Shopping Business Competition dan LINE Today Video Creativ. Selain dua kompetisi baru, LINE Creativate 2018 akan menjadi tuan rumah LINE Let’s Get Rich World Championship. Sama seperti tahun lalu, kompetisi ini berpuncak pada perayaan LINE Creative yang penuh dengan penghargaan dan pameran.

Baca selengkapnya: 5 fitur LINE yang tidak tersedia di aplikasi chat lainnya

Memperkenalkan seorang juara yang melakukan pekerjaan kreatif!

Kreativitas peserta LINE Creativate tidak hanya datang dari kota-kota besar. Peserta juga datang dari berbagai daerah. Dari sembilan pemenang di berbagai kompetisi, hanya dua yang berasal dari Jakarta.

Tempat pertama dalam kategori webtoon LINE dimenangkan oleh Angoro Adi Nugroho untuk kartunnya “Park Guru Citation”. Aditya Wahyu Budiman menjadi juara kedua dan Wikan Narendra Bawono menjadi juara ketiga. Anggoro menjadi peserta di Banjarnegara, Aditya di Klaten, dan Wikan di Yogyakarta.

Untuk kategori stiker LINE, pemenang pertama adalah karya berjudul “Staf Umum”, saran Thom Prayog. Juara 2 diraih oleh Edi Jatmiko dengan “Mba Baperan dan Profesinya” dan juara 3 diraih oleh “Saudara Nasgor” karya Bangkit Myarso.

Kompetisi pengembang game pertama diadakan di Indonesia. Pemenangnya adalah ‘Baekbang’, ‘Bunbu Dance Tour’, dan ‘Kumamafi Lapar Bear’. Pemenang pertama adalah ‘Bekakbang’ yang diperankan oleh pasangan suami istri Yogyakarta Dara Anita dan Wano Junki. Kemudian “Wisata Tari Bunbu” karya Anthony Wibisono dan Armandarius Darmadji. Penulis “Kumamapi Si Beruang Lapar” adalah Wilson Tjandra.

LINE Creative 2017 memiliki 5 kategori kompetisi dan pemenang dari berbagai daerah. Lima kategori tersebut adalah kontes yang menyertakan hashtag #UnjukKreasiLokalmu, webtoon LINE, stiker LINE, chatbots, dan game LINE.

Pemenang kontes #UnjukKreasiLokalmu adalah Achmad Ja’far Al Fakhry dari Jakarta. Disusul Nabila Villenni Faron dari Bandung dan Zumadi Afriansha dari Lampung.

Baca lebih lanjut: Fitur LINE ‘Reply’ sekarang memudahkan untuk membalas pesan.

Untuk webtoon LINE, Putu Dedi Kurnia Pratama juara 1, CoffePaste juara 2, dan Ramadhan Wisnu N Karya juara 3. Karya ketiganya adalah “Viewpoint”, “Butterfly”, “Before Sunset”. Dia tinggal di Bali, CoffeePaste di Jakarta dan Ramadhan Wisnu di Yogyakarta.

Tangerang dan Surabaya memenangkan kategori stiker LINE. Septia Indah Rosiana menempati posisi pertama dengan stiker bertuliskan “Boteng”. Tempat kedua diraih Melani Sie untuk “Power of Mothers”. Ryan Damario adalah pemenang ketiga setelah “Couple Kid”.

Peserta juga menunjukkan antusiasme di sektor chatbot. Tempat pertama adalah karya berjudul “Islamify” yang pindah dari Bandung ke Fata el Islami. Juara 2 adalah “Syurprise”, Thomas Wiradikusuma dari Jakarta. Lalu ada “Xploria” sebagai pemenang ketiga dari ChocolateSoft.

Pemenang dalam kategori Game adalah “TTS”, “Dumpak Ding-Ding” dan “Kedai Nusantara”.

Kami berharap dengan diadakannya LINE Creativate dimana setiap tahun kami selalu bertemu dengan para kreator, masyarakat dapat bangga menjadi orang Indonesia. Kami berharap masyarakat dapat berpartisipasi dalam acara ini dengan semangat yang terinspirasi dari LINE Creative.

LINE percaya bahwa setiap orang memiliki kreativitasnya masing-masing. Oleh karena itu, LINE Creativate menyediakan platform bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui kompetisi tahunan. Hal ini dikarenakan LINE optimis potensi kreatif Indonesia dapat dikembangkan, terutama pada platform digital yang didukung oleh berbagai pihak.

You May Also Like

About the Author: keyhar

Leave a Reply

Your email address will not be published.