Cara Membuat FB Bisnis Untuk Meningkatkan Performa Penjualan

Membuat FB bisnis bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Karena Anda bisa menjangkau konsumen melalui media sosial.

FB bisnis ini akan sangat membantu anda dalam memasarkan produk yang anda jual. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda dengan FB Bisnis, berikut cara melakukannya.

Apa itu Bisnis FB?

Sebelum memulai tutorial, apa yang anda ketahui tentang bisnis FB? Anda mungkin sudah tahu tentang Facebook, media sosial yang digunakan oleh jutaan orang. Namun dengan penambahan kata bisnis, apa yang membedakan jenis FB ini dari yang biasa?

Facebook Bisnis adalah akun yang digunakan oleh perusahaan tertentu untuk mengiklankan produk dan/atau layanan mereka. FB Bisnis berbeda dari akun Facebook biasa dalam hal konten.

Unggah produk atau konten iklan ke akun bisnis Anda lebih sering. Ini dilakukan untuk menjangkau audiens target Anda secara efektif dengan memasarkan produk Anda di Facebook. Di sisi lain, akun pribadi digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Tujuan dari bisnis FB ini adalah untuk mempermudah dalam menjalankan bisnis anda terutama dalam beriklan yang praktis dan sederhana. Juga, membuat akun sepenuhnya gratis atau gratis.

Batas maksimal Anda bisa membuat Facebook Business Manager adalah 2 akun. Jadi, jika Anda membutuhkan lebih banyak akun, Anda dapat mengundang rekan kerja Anda untuk membuat akun bisnis tambahan.

Cara membuat FB bisnis

Ingin tahu cara membuat akun bisnis di Facebook? Cara bersantai sangat sederhana untuk pemula. Selama Anda mengikuti petunjuk dan mengikuti petunjuk dengan seksama, akun bisnis Anda menjadi bisnis.

1. Kunjungi halaman Facebook bisnis

Cara Membuat FB Bisnis Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat akun adalah dengan mengunjungi halaman FB Bisnis di business.facebook.com/overview. Sebelum membuat akun bisnis, pastikan Anda sudah memiliki akun FB pribadi.

Akun FB pribadi berguna sebagai identitas Anda, jadi penting untuk memiliki akun pribadi terlebih dahulu sebelum membuat akun bisnis.

2. Pilih opsi untuk membuat akun

Klik pada alamat URL business.facebook.com/overview dan sebuah layar akan muncul dengan informasi yang terkait dengan login bisnis dan pendaftaran akun Facebook. Itu ada di pojok kanan atas. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih opsi Buat Akun untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Halaman login dengan akun FB pribadi Anda ditampilkan di layar. Anda harus memasukkan nomor telepon atau email dan kata sandi untuk masuk. Namun, jika Anda belum memiliki akun sebelumnya, Anda dapat menekan opsi Buat Akun Baru dan kembali setelah akun dibuat.

3. Selesaikan pertanyaan yang muncul

Jika Anda telah berhasil masuk dengan akun FB pribadi Anda, langkah selanjutnya dalam membuat FB bisnis adalah menyelesaikan pertanyaan di layar. Cukup jawab pertanyaan tentang nama perusahaan, email bisnis, dan lainnya.

4. Klik Selesai.

Pastikan jawaban atas pertanyaan yang Anda masukkan sudah benar. Periksa kembali apakah tidak ada kesalahan lain dalam nama perusahaan yang dihasilkan, seperti menulis email bisnis atau kesalahan ejaan. Jika semua informasi sudah diisi dengan benar, klik Finish.

Tolong tunggu sebentar. Akun bisnis Anda sedang diproses. Layar selamat datang akan muncul untuk akun bisnis Anda yang hanya perlu Anda siapkan nanti.

Ada beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan akun FB bisnis Anda, antara lain:

Anda dapat menambahkan Halaman ke layar Pengaturan Manajer Bisnis menggunakan opsi Tambah Halaman, Tambah Akun Iklan, dan Personil Periklanan. Karena Anda ingin menambahkan halaman bisnis, pilih opsi Tambahkan Halaman.

Jika Anda memiliki akun Iklan Facebook, Anda dapat menambahkannya ke Pengelola Bisnis Facebook. Namun, jika Anda tidak memiliki akun, Anda dapat membuat akun iklan terlebih dahulu.

Keuntungan dari akun bisnis adalah Anda dapat bekerja sama. Jadi, Anda dapat mengundang kolaborator dengan memasukkan alamat email mereka. Kemudian atur lokasi menjadi Manajer atau Karyawan.

Jika Anda memiliki akun Instagram terkait bisnis, Anda dapat menambahkannya di pengaturan bisnis Anda. Integrasi antar akun bisnis yang ada tentunya memudahkan pengelolaan.

Baca lebih lanjut: Cara menggunakan Instagram dan Facebook untuk bisnis online Anda

Fitur yang Anda dapatkan setelah menyelesaikan Cara Membuat FB Bisnis

Setelah mengikuti panduan membuat FB bisnis, Anda dapat menjelajahi fitur-fitur yang ditawarkan FB bisnis.

1. Halaman Pemasaran Facebook

Anda dapat melihat halaman pemasaran Facebook Anda melalui layar menu FB yang dirancang seperti toko. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mempromosikan produk yang Anda jual untuk menjangkau lebih banyak orang.

Anda dapat mengunggah video atau foto promosi beserta pemasaran tambahan seperti diskon untuk menarik perhatian calon pelanggan. Fitur ini juga dapat mengirimkan postingan ke marketplace. Sangat tidak efektif?

2. Iklan Facebook

Seperti namanya, fitur ini adalah tentang periklanan. Periklanan memegang peranan penting dalam mempromosikan produk yang dijual kepada masyarakat umum. Memberi label pada produk Anda tentu menguntungkan banyak orang. Alhasil, booth Anda akan dipadati pelanggan yang tertarik dengan iklan.

Facebook merupakan salah satu platform dimana para pebisnis dapat beriklan melalui iklan FB. Ada banyak manfaat menggunakan fitur ini, seperti jumlah anggaran iklan Anda, informasi tentang target audiens yang Anda tuju, pengaturan format iklan Anda, dan banyak lagi.

3. Inspirasi dari Iklan Facebook

Penulisan iklan harus informatif, menarik, dan ringkas agar pembaca atau pemirsa tidak mudah bosan melihat iklan tersebut. Namun membuat iklan unik setiap hari tentu bukan tugas yang mudah. Di era serba digital ini, kreativitas sangat dibutuhkan untuk tetap berada di depan para pesaing bisnis lainnya.

Facebook memiliki fitur inspirasi iklan yang membantu orang yang tidak memiliki ide atau inspirasi untuk membuat iklan berikutnya. Fitur ini akan membantu Anda membuat iklan yang lebih segar.

Baca lebih lanjut: 7 tips untuk menggunakan Facebook Messenger dalam bisnis Anda

4. Berita

Kolom fitur ini menyajikan berbagai berita terkait bisnis Facebook. Ikuti fitur ini untuk tetap up-to-date dengan informasi yang dapat membantu Anda menemukan jawaban atau inspirasi di dunia bisnis.

Contoh konten berita baru antara lain pengembangan pengelola bisnis Facebook dalam hal fitur untuk meningkatkan kinerja bisnis, wawancara dengan pemangku kepentingan bisnis, dan banyak lainnya.

5. Kisah Sukses

Fitur ini adalah tempat orang-orang sukses berbagi kisah mereka. Terutama orang-orang sukses yang menggunakan Facebook Business untuk membantu mengembangkan bisnis mereka. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengamati cerita orang lain yang telah mendapat manfaat dari fb bisnis Anda.

Mengapa saya harus membuat FB bisnis?

Anda tidak akan menemukan cara membuat FB bisnis jika tidak ada gunanya. Nah, bagi pemula yang belum mengetahui keuntungan menggunakan akun bisnis di Facebook, simak informasinya di bawah ini.

1. Mudah dikelola

Hal pertama yang akan Anda perhatikan setelah membuat akun bisnis nanti adalah lebih mudah untuk mengelola akun Anda. Pengelola Bisnis Facebook memungkinkan Anda mengelola akun Fanpage dan Iklan Facebook Anda di satu tempat.

Berada di satu lokasi pusat menghemat waktu Anda melacak kemajuan iklan dan posting yang diunggah.

2. Dukungan Facebook

Alat dan layanan yang disediakan oleh FB dapat menyebabkan masalah dari waktu ke waktu. Facebook mendukung akun Anda kapan saja jika terjadi kesalahan atau masalah teknis. Biasanya tim perbaikan akan menanyakan apakah Anda memiliki akun bisnis.

Karena lebih mudah untuk memecahkan masalah jika Anda memiliki manajer bisnis Facebook Buat akun bisnis untuk mengoptimalkan promosi produk.

3. Pemisahan akun pribadi dan bisnis

Memadukan pekerjaan dan kehidupan pribadi bukanlah hal yang menyenangkan. Oleh karena itu, keberadaan FB bisnis ini membantu membuat akun yang berbeda untuk memisahkan pekerjaan dari pekerjaan pribadi. Ini berguna bagi mereka yang ingin merahasiakan profilnya.

Membuat akun khusus bisnis membuat pengelolaan lebih terpusat dan terorganisir. Itu juga akan terlihat lebih profesional di mata pelanggan Anda.

Baca selengkapnya: 9 tips untuk memaksimalkan WhatsApp Business

4. Keamanan terjamin

Karena karyawan bepergian, Anda harus menjaga akun bisnis Anda tetap berkualitas tinggi sehingga akses berhenti saat karyawan pergi. Pusat Keamanan FB Bisnis memungkinkan Anda mengaktifkan otentikasi dua faktor untuk karyawan yang berpartisipasi.

Oleh karena itu, sistem keamanan ini dapat menonaktifkan akses FB perusahaan bagi karyawan yang telah keluar dari perusahaan. Tidak ada lagi khawatir tentang pelanggaran data. Selain itu, rekan kerja Anda tidak akan dapat melihat profil Facebook pribadi Anda kecuali permintaan pertemanan mereka disetujui.

5. Pemantauan laporan bisnis

Fitur Pengelola Bisnis Facebook memberikan tampilan laporan bisnis Anda yang dapat dilihat di dasbor terpisah. Melacak laporan bisnis Anda akan memberi tahu Anda seberapa efektif iklan Anda.

Anda juga dapat mengubahnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah membiasakan diri dengan laporan bisnis, Anda dapat mengevaluasinya untuk membuat keputusan di masa mendatang terkait pengembangan bisnis.

Anda dapat membuat akun bisnis terpisah dengan mempertimbangkan panduan pembuatan FB bisnis di atas. Secara khusus, setelah Anda mengetahui manfaat yang akan Anda terima, Anda akan membuat akun Pengelola Bisnis dan memulai bisnis Anda dengan menjual produk.

Selain mengaktifkan bisnis FB, Anda juga bisa bergabung dengan pasar Bukalapak untuk mengembangkan produk yang akan dijual. Di sini Anda dapat mempromosikan penjualan Anda secara sederhana dan tanpa kerumitan.

Bukalapak juga memiliki layanan Bukasend, yang memberikan kemudahan dalam pengiriman produk yang mereka jual. Ada banyak pilihan eksplorasi untuk dipilih tergantung pada kebutuhan Anda. Selain itu, ada berbagai promosi dan cashback!

You May Also Like

About the Author: keyhar

Leave a Reply

Your email address will not be published.