Cara Membuat Buku Keuangan Dan Contoh Untuk Usaha Kecil

Membuat buku keuangan usaha kecil sebenarnya sangat sederhana. Pembukuan keuangan sebenarnya bisa mengikuti pembukuan keuangan biasa seperti biasa. Namun, jika menurut Anda memelihara pembukuan keuangan untuk usaha kecil sedikit sulit, Anda bisa membaca artikel ini sampai akhir.

Artikel ini merinci cara membuat buku keuangan usaha kecil, mulai dari informasi apa saja yang dibutuhkan hingga contoh bagaimana membuat buku keuangan usaha kecil Anda lebih transparan. Penjelasan dalam artikel ini mudah diikuti, sehingga pemilik bisnis baru pun dapat mengikutinya.

Sebelum Anda mulai membuat buku keuangan usaha kecil, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu pembukuan keuangan. Hal ini dikarenakan akuntansi keuangan juga memegang peranan penting dalam kelangsungan usaha. Kemudian, dalam artikel ini, kita akan mempelajarinya lebih lanjut.

Apa definisi dari akuntansi keuangan?

Akuntansi keuangan adalah suatu proses pencatatan keuangan yang dilakukan secara berkala untuk mengumpulkan data tentang informasi keuangan suatu perusahaan dalam bentuk aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan dan beban. Termasuk juga total biaya pengadaan dan penyerahan barang atau jasa yang ditutup dengan penyusunan laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi selama 1 periode.

Sederhananya, buku keuangan adalah laporan keuangan suatu perusahaan. Ini mencakup semua transaksi bisnis, termasuk pendapatan dan pengeluaran. Setiap bisnis, besar atau kecil, membutuhkan buku besar keuangan. Oleh karena itu, penting bagi pemilik usaha untuk memahami apa itu pembukuan keuangan dan bagaimana melakukan pembukuan usaha kecil.

Keuntungan dari akuntansi keuangan perusahaan

Akuntansi keuangan memiliki banyak keuntungan bagi sebuah perusahaan. Baik usaha besar maupun kecil tetap membutuhkan akuntansi keuangan untuk menentukan kondisi usaha. Berikut adalah beberapa keuntungan dari akuntansi keuangan perusahaan:

peringkat perusahaan

Akuntansi keuangan menyediakan banyak data yang dapat dievaluasi. Dari keuntungan yang diperoleh perusahaan hingga kerugian yang diperoleh perusahaan. Anda dapat menilai perusahaan Anda dengan data ini. Misalnya, Fellowship Business X memiliki pendapatan 10% lebih banyak dari tahun sebelumnya. Data ini memungkinkan Ekspedisi X untuk mengelola keuangannya untuk lebih meningkatkan kinerja dan meningkatkan pendapatan di periode berikutnya.

Pertimbangan Risiko untuk Investor

Ketika seorang investor berinvestasi di suatu perusahaan, laporan keuangan perusahaanlah yang mereka tinjau. Oleh karena itu, sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk mengetahui bagaimana mempersiapkan catatan keuangan usaha kecil sehingga investor mengetahui bagaimana posisi keuangan perusahaan ketika mereka berinvestasi di dalamnya. Bergantung pada posisi keuangan perusahaan, investor akan memutuskan apakah bisnis Anda layak untuk diinvestasikan.

sertifikat pajak

Akuntansi keuangan juga menjadi tanda bahwa suatu bisnis taat membayar pajak. Pembukuan keuangan perusahaan menghitung pajak yang dapat dibayarnya. Tentu saja, memudahkan proses pajak reguler bersama dengan pembukuan keuangan.

sertifikat pelunasan utang

Agar bisnis berjalan lancar, seringkali harus berhutang. Akuntansi keuangan bisa menjadi salah satu bukti pelunasan utang. Demi kejelasan, pelunasan utang harus dimasukkan dalam pembukuan perbendaharaan usaha. Dengan cara ini, Anda dapat melihat apakah Anda melunasi hutang Anda tepat waktu dan berapa banyak yang Anda lunasi.

Wawasan tentang kemampuan perusahaan untuk membayar kembali pinjamannya

Salah satu manfaat penting mengetahui cara memelihara catatan keuangan yang tepat untuk usaha kecil adalah bahwa pembukuan keuangan mereka berfungsi sebagai ukuran apakah perusahaan dapat membayar kembali pinjamannya. Evaluasi dilakukan sebagai tanda kepercayaan terhadap perusahaan. Akuntansi keuangan yang baik memudahkan suatu perusahaan mendapatkan pinjaman dimana saja.

Metode Akuntansi Keuangan untuk Usaha Kecil

Untuk usaha kecil, pemilik usaha juga perlu mengetahui cara membuat buku besar usaha kecil agar operasi keuangan mereka lebih bersih dan teratur. Berikut cara membuat pembukuan usaha kecil yang mudah diikuti.

semua catatan transaksi

Langkah pertama dalam membuat buku keuangan usaha kecil adalah mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda. Tidak peduli seberapa kecil pendapatan atau pengeluaran Anda. Semua transaksi yang Anda catat bersifat kumulatif dan menjadi data penting untuk akuntansi keuangan.

membuat buku kas

Langkah selanjutnya dalam membuat buku keuangan untuk usaha kecil adalah membuat buku kas. Buku kas ini merupakan catatan semua transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda. Buku kas ini memberi tahu Anda berapa banyak keuntungan atau kerugian yang dihasilkan bisnis Anda.

Misalnya, Ekspedisi X pada bulan April memiliki transaksi berikut:

penghasilan

Detail

Menghasilkan

Detail

20.000 rupiah

pengiriman 1

50.000 rupiah

kurir

50.000 rupiah

pengiriman 2

20.000 rupiah

kertas

15.000 rupiah

pengiriman 3

15.000 rupiah

plastik

25.000 rupiah

pengiriman 4

110.000 rupiah

pendapatan kotor

85.000 rupiah

total biaya

Dari data ini terlihat jelas bahwa pendapatan Fellowship X adalah 110.000 rupee dan pengeluaran Fellowship X adalah 85.000 rupee. Masukkan informasi di buku kas dan Anda akan dapat melihat berapa banyak keuntungan XExpedition yang dibuat di bulan April.

Buat buku besar saham

Buku stok mirip dengan buku kas yang disebutkan sebelumnya. Namun, buku besar saham digunakan untuk transaksi barang yang terjadi di perusahaan. Langkah membuat buku keuangan usaha kecil ini sangat berguna bagi perusahaan yang memiliki banyak persediaan.

Buku inventaris membantu Anda melacak inventaris barang yang dimiliki perusahaan Anda. Misalnya, Ekspedisi X tersedia di bulan April.

nama Produk

domba

kertas timah plastik

12

kertas A4

10

Menjaga persediaan barang dagangan sangat penting bagi perusahaan dengan barang dagangan yang banyak. Persediaan juga termasuk sebagai aset yang dimiliki oleh perusahaan. Oleh karena itu, langkah ini juga harus mencakup penyusunan pembukuan keuangan untuk usaha kecil.

Buat buku inventaris

Buku inventaris dan buku inventaris memiliki fungsi yang berbeda. Buku besar persediaan adalah buku besar yang mewakili persediaan barang yang terlibat dalam suatu transaksi. Buku inventaris komoditas, di sisi lain, adalah buku yang digunakan untuk mencatat barang-barang yang merupakan aset perusahaan.

Misalnya, untuk Ekspedisi X, daftar buku besar persediaan barang adalah sebagai berikut:

nama Produk

domba

bangunan

Satu

meja

4

kursi

10

Informasi persediaan untuk produk-produk ini sering terlewatkan dan harus dicatat dalam pembukuan keuangan usaha kecil. Persediaan itu penting

Baca selengkapnya: Bergabunglah dengan program afiliasi BukaSend. Ayo pergi!

penyusunan buku laba rugi

Buku berikutnya yang akan dibuat adalah laporan laba rugi. Langkah membuat buku besar keuangan untuk usaha kecil ini membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi. Menghitung laba rugi suatu perusahaan bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, setiap transaksi harus diperhitungkan secara detail dan tidak boleh terlewatkan.

Menghitung akumulasi P&L di semua perdagangan memberi Anda gambaran tentang apa yang dilakukan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda tidak boleh melewatkan langkah ini dalam metode akuntansi keuangan untuk pemilik usaha kecil.

Perubahan pada pernyataan modal

Modal adalah modal atau aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Sekalipun fluktuasinya sangat kecil, fluktuasi modal yang terjadi harus dicatat. Perubahan kecil dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Untuk Ekspedisi X, misalnya, modal tahun ini Rp 20 juta.

Dibandingkan tahun lalu yang modalnya 50 juta rupiah, skala tahun ini lebih kecil. Oleh karena itu, pemilik ekspedisi X harus mengatur keuangannya semaksimal mungkin untuk menjaga ekspedisi yang terbaik.

Mengisi neraca keuangan

Langkah terakhir dalam membuat buku keuangan untuk usaha kecil adalah membuat neraca keuangan. Hal ini karena dengan memahami neraca, pemilik bisnis dapat melihat bagaimana kinerja bisnis mereka selama periode waktu tertentu. Selain itu, mengetahui neraca Anda yang sebenarnya memungkinkan Anda untuk mengevaluasi langkah-langkah strategis untuk bisnis Anda selanjutnya.

Langkah-langkah di atas adalah tentang cara membuat buku keuangan usaha kecil yang mudah diikuti. Anda kemudian dapat meniru langkah-langkah ini dan menyesuaikannya dengan jenis bisnis Anda.

Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis, lihat juga perusahaan pelayaran yang dapat mengefisienkan proses pengiriman barang. Ekspedisi nyata seperti Bukasend akan mempercepat proses bisnis Anda. Dengan memastikan pengiriman yang aman dan cepat, pelanggan secara alami akan puas dengan layanan toko.

You May Also Like

About the Author: keyhar

Leave a Reply

Your email address will not be published.